Cara mencetak kaos

Saya ingin sharing cara mencetak/sablon kaos dengan berbagai macam cara. caranya ada yang manual dan ada yang secara digital. nah sekarang saya membahas yang digital dulu:
kebutuhan untuk mencetak digital digital yaitu:
1. mesin pres kaos (jenis apa aja boleh deh)
2. transfer paper
3. printer ebson dengan tinta sublim, pigmen dll
4. komputer
5. kaos pastinya

untuk mesin pres kita dapat membelinya melalui internet ato langsung.
untuk transfer paper yaitu kertas untuk memindahkan gambar menjadi menempel di kaos.
jenis Transfer paper:
1. untuk kaos light fabrics (kaos terang/putih)
2. untuk kaos Dark Fabrics (kaos gelap/hitam)
3. kertas sublim (untuk kaos selain katun warna putih)

Tinta:
1. Original ink (epson durabrite ‘s the best) –> disarankan.
2. Kalo pake infus, gunakan tinta pigmen –> gak apa2 deh
3. laserjet –> bagus juga tapi sayang toner nya mahal.
**Jangan gunakan tinta infus yg dye ink –> cepat luntur hanya warna saja yg lbh bright.

Nah cara-cara menyablonnya yaitu:

cara pertama: Sablon dengan transfer paper

jenis Transfer paper:
1. untuk kaos light fabrics (kaos terang/putih)
2. untuk kaos Dark Fabrics (kaos gelap/hitam)

Tinta:
1. Original ink (epson durabrite ‘s the best) –> disarankan.
2. Kalo pake infus, gunakan tinta pigmen –> gak apa2 deh
3. laserjet –> bagus juga tapi sayang toner nya mahal.
**Jangan gunakan tinta infus yg dye ink –> cepat luntur hanya warna saja yg lbh bright.

Proses:
A. Utk paper kaos putih:

1. Design
2. Print terbalik (mirror) pada kertas transfer.
3. Letakan kertas yg di print menghadap kaos.
4. Press dgn mesin heatpress (100-150 drajat, 5-10 detik)
atau menggunakan strika gosok perlahan dan merata.
5. lepaskan (kupas) lapisan penutupnya setelah dingin.

B. Utk paper kaos hitam:
1. Design
2. Print (jangan di mirror)
3. Letakan di atas kaos (bagian terprint menghadap ke atas).
4. Tutup (lindungi) kertas transfer dgn kertas khusus (spt kertas minyak) — beli selalu ada kertas ini di dalamnya–
5. Press dgn mesin heatpress (100-150 drajat, 5-10 detik)
lepaskan kertas pelindung tadi. setelah dingin.

Keuntungan pakai sistem ini:
1. kerjaan mudah. Proses cepat.
2. gambar full color as far as printer bisa ngeprint.
3. Dapat di atas kaos cotton, Polyester, polycotton, silk, kanvas, dsb.

Kerugian:
1. Diperlukan perawatan khusus utk kaos yg dicetak dgn transfer paper (cuci tdk di kucek/sikat, tdk menggunakan bleach, ttdk boleh rendam terlalu lama, jgn gunakan pengering dryer machine, sebaiknya diangin2kan saja, setrika tdk langsung kena transfer paper, jangan dipakai tidur).
2. jika menggunakan tinta infus dye ink cepat luntur.
3. seapik apapun dlm merawat kaos, transfer paper akan rusak, pecah, atau terkelupas setelah beberapakali cuci (10-20X cuci jika dirawat dgn baik).

Target market:
jenis digital transfer ini sebaiknya (efektif) digunakan utk even2 tertentu yg memerlukan penanganan cepat (spt kampanye, acara tv, panitia acara live music, just for fun dsb). Bukan utk konsumen yg menginginkan kaos utk dipakai selamanya.

cara kedua: Digital T-shirt: Sublimation

Jenis Tinta : Khusus sublime
Printer : Inkjet (epson)
Kertas:
1. HVS –> boleh aja
2. Inkjet –> banyak yg pakai
3. kertas khusus sublimation –> paling bagus

Proses:
1. Design
2. Print terbalik (mirror) di kertas
3. Letakan di atas kaos (warna terang dan mengandung polyester) gambar menghadap kaos.
3. Press dgn mesin heat press (200-250 derajat, 40-50 detik)

Keuntungan:
1. Proses cepat, mudah, gak ribet
2. Warna cerah million colors.

Kerugian:
1. Hanya bisa di kaos yg mengandung polyester (PE, TC, polycotton, silk, satin). –> ini banyak yg kurang suka dgn jenis bahannya.
2. Warna akan semakin cerah jika mengandung polyester 100%. –> kaos makin panas.
3.Hanya bisa di kaos warna terang. –> tdk ada tinta warna putih.

Target market:
Efektif utk kaos rombongan (tour), even2 kantor, kelompok anak2 sekolah, dsb yg tdk mengutamakan personal touch. Biasanya market perorangan banyak yg complain mengenai kualitas bahan kaos.

cara ketiga: sablon Duracotton

untuk bahan katun harus pakai kertas transfer khusus. Untuk katun putih atau katun berwarna terang lainnya, harus menggunakan kertas transfer katun putih, sedangkan untuk katun hitam atau katun berwarna gelap lainnya harus menggunakan kertas transfer katun hitam.
Karena bahan katun tidak memegang tinta, maka bagian dari kertas transfer tersebut yang akan memegang ke bahannya. Kalau dari segi ketahanan, bisa tahan lama selama cucinya tidak disikat dan hati2.

Jenis Tinta : Sublime
Kertas : Khusus Duracotton

Proses:
1. Letakan kertas duracotton diatas kaos (cotton) bagian yg mengkilat menghadap ke kaos.
2. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 20 detik)
3. lepaskan kertas, bahan polymer akan merekat pada kaos cotton.
4. Design dan print mirror dgn tinta sublime.
Letakan gambar di atas kaos yg telah ada polymernya tadi.
5. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 40 detik)

Keuntungan:
1. Proses sublimasi dapat di atas kaos cotton.

Kerugian:
1. warna tidak secerah sublimasi di atas polyester.
2. Hanya bisa di atas kaos putih/terang (warna kaos terang lain bisa tapi bekas polymer akan terlihat samar2).

Target market:
untuk personal yg komplain dgn bahan kaos non cotton. Hanya saja hasil akhir masih belum bisa bagus sekali setara dgn hasil sablon manual di distro2.

cara keempat: COTTON GEL & GEL KAOS WARNA

Bahan katun tidak menyerap tinta, sehingga hasil warna menjadi buram dan warna putih menjadi kurang cerah. Untuk mencetak di atas bahan katun putih perlu menggunakan Cotton Gel.
Cotton Gel berfungsi untuk melapisi kaos katun agar bisa di press. Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal maka sebaiknya dilapiskan beberapa kali agar hasilnya lebih ngaret.
Kelebihan dari Cotton Gel ini adalah biaya atau cost-nya yang lebih murah dibandingkan dengan transfer paper. Dari hasil uji coba, cotton gel isi 500gram ini bisa menghasilkan plus minus 80 kaos, tergantung pada ketebalan pengolesan. Harga cotton gel ini 125.000 ( per 500gram ). Keunggulan lainnya adalah hasilnya lebih awet dibandingkan transfer paper.
Sedangkan untuk bahan katun warna serta kaos warna bahan selain katun, kaos dilapisi terlebih dahulu dengan gel khusus untuk kaos warna, yang berfungsi untuk memberikan lapisan dasar berwarna putih, sehingga semua warna dapat terlihat cerah sesuai warna aslinya.

cara kelima: Ecosolvent

Jenis tinta : khusus ecosolvent ink
Jenis printer : wide format printer (Biasa buat digital printing indoor/outdoor)
Kertas : khusus stretch ecosolvent

Proses:
1. Design
2. Print dgn tinta printer ecosolvent diatas kertas khusus.
3. Cutting dgn mesin cutting plotter
4. Letakan di atas kaos.
5. Press dgn mesin heatpress (200 derajat, 10 detik)

Keuntungan:
1. Bahan stretchable (spt karet)
2. waterproof
3. Full color
4. Bisa dibahan kain apa saja (termasuk bahan utk olahraga air)

Kerugian:
1. modal besar (mesin wide format dan cutting plotter)

target market:
Utk personal atau group yg mengutamakan kualitas baik kualitas kaos ataupun hasil print. Harga jual kaos lebih tinggi dari digital t-shirt lainnya.

cara keenam: Flex

Kertas:
Thermo flex (macam2 namanya tp rata2 menggunakan kata2 Flex)
kalao pada bingung flex itu apaan: itu loh kertas cutting sticker khusus utk kaos. Kertasnya udh berwarna (solid, gold, silver, reflective, glitter, glowinthedark, dsb)

Plotter : Cutting plotter (atau kalao mau ya gunting2 sendiri atau pake cutter manual)

Proses:
1. Design
2. Sebelum cutting, mirror dulu gambarnya.
3. Cutting dgn mesin cutting sticker (yg ukuran A4 murah tuh)
4. bagian yg dicutting adalah bagian belakang kertas, bukan yg ada plastiknya.
5. peal bagian2 yg gak perlu.
6. Letakan di atas kaos, posisi menghadap ke atas
7. Press dgn mesin heat press (150 derajat, 10 detik)

keuntungan:
1. warna solid atau camuflage, reflective, gold, glitter, dsb
2. Proses cepat dan gak pake ribet.
3. Bisa di kaos bahan apa saja warna apasaja.

Kerugian:
1. Hanya utk design warna solid, bukan gradasi atau million colors.

Target market:
exclusice t-shirt, costum t-shirt, utk yg mengutamakan kualitas. Efektif utk kaos satuan.

cara ketujuh: Flock

Jenis Tinta : Sublime
Jenis kertas : Flock (kertas berserat fiber, tekstur seperti beludru)
Jenis printer : Inkjet printer (epson)
Plotter : Cutting plotter (kalau nggak ya gunting2 ndiri aja manual)

Proses:
1. Design.
2. Print mirror dgn tinta sublimation pada kertas hvs/inkjet
3. letakan diatas flock. Posisi gambar menghadap kertas flock
4. Press dengan mesin heatpress (200 derajat 10 detik)
5. Cutting dgn cutting plotter
6. Letakan di atas kaos. Posisi menghadap ke atas.
7. Press dgn heat press (150 derajat 10 detik).

Keuntungan:
1. Bahan bertekstur spt beludru.
2. Warna dapat million colors.
3. Bisa di atas bahan apa saja. Bahkan bisa di combine dgn flex.

Kerugian:
1. Pekerjaan dua kali transfer.
2. Modal sedikit lebih besar karena ada cutting plotter (walaupun merk cunkuo udah murah2 sekitar 3 jt an dgn ukuran potong lebar bisa 60-90 cm.

Target market:
Seperti flex, efektif utk exclusive custom t-shirt.

cara kedelapan: Direct Print

Kaos dapat langsung diprint dengan menggunakan printer khusus, sehingga proses pembuatan cetakan kaos menjadi lebih cepat. Ada juga printer yang melakukan cetak dua kali, dengan kemampuan mencetak yang kedua kalinya dengan sangat akurat, sehingga hasil cetakan lebih tebal dan warna menjadi lebih kontras.

Setelah proses mencetak selesai, kaos dikeringkan dengan mengunakan hairdryer.

About Serba Digital

Tempatnya untuk orang promosi, narsis dengan merchandise

Posted on May 2, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 220 other followers

%d bloggers like this: